Blog Details

Image
  • Admin
  • 23/11/2022

9 Tips Melamar Kerja Bagi Fresh Graduate, Yuk Dicoba !!!

Melamar pekerjaan untuk teman-teman fresh graduate pastinya menjadi sesuatu hal yang menantang, maka dari itu teman-teman membutuhkan persiapan dengan matang. Meski teman-teman masih minim pengalaman, namun, dengan cara melamar yang tepat, teman-teman bisa loh menjadi kandidat yang unggul dan dapat bersaing. Yuk, simak tips-tipsnya di bawah ini :

 

1. Mulai melamar sejak awal

Proses screening document membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Maka baiknya disela-sela padatnya semester akhir perkuliahan, teman-teman sudah harus mulai mencoba mengirimkan lamaran. Sehingga apabila teman-teman sudah mengirimkan lamaran lalu lulus kuliah dan mendapatkan panggilan kerja, teman-teman tidak perlu menunggu dengan waktu yang cukup lama.

 

2. Buat dan gunakan CV yang terbaik untuk melamar kerja

CV menjadi salah satu aspek penting bagi recruiter dalam melihat daftar riwayat hidup teman-teman. Karena CV yang di buat dapat merepresentasikan diri teman-teman. Baik dari segi desain CV itu sendiri, informasi yang tercantum didalam CV dan bagaimana mengemas setiap kalimat yang tercantum dengan simple namun mudah difahami dan memberikan kesan yang baik kepada recruiter. Maka teman-teman perlu membuat dan menggunakan CV yang terbaik.

 

3. Networking

Ada hal yang tidak boleh disepelekan salah satunya yaitu networking. Dengan teman-teman membangun relasi atau networking, memudahkan teman-teman dalam mendapatkan akses pada saat melamar pekerjaan, baik berupa informasi terkait perusahaan yang hendak dilamar ataupun seluk beluk mengenai perusahaan tersebut. Seperti kesempatan berkembang, budaya perusahaan, dan lainnya. Teman-teman juga bisa membangun relasi dengan HR perusahaan untuk kesempatan kerja yang mungkin tidak ditawarkan di job portal.

 

4. Masukkan pengalaman lengkap

Pengalaman organisasi, kepanitiaan, lomba, volunteer dapat menambah nilai plus bagi teman-teman. Setiap pengalaman dapat menceritakan suatu kualitas yang mungkin memang dicari perusahaan. Maka dari itu, pada saat interview berlangsung teman-teman harus bisa memaparkan setiap pengalaman teman-teman dan menghubungkannya dengan posisi yang dilamar.

 

5. Tekankan skills yang menunjang profesionalisme

Selain itu hal yang tidak kalah penting yaitu aspek profesionalisme. Recruiter bukan hanya mencari kandidat yang memiliki hard skill baik, namun juga soft skill yang baik. Bahkan, tidak jarang perusahaan mengedepankan hal ini dibanding hard skill teman-teman yang fresh graduate. Beberapa soft skill yang bisa menunjukkan profesionalisme teman-teman adalah kecerdasan emosional, berpikir kritis, pemecahan masalah, dan public speaking.

 

6. Perbaiki media sosial

Media sosial aspek penting yang teman-teman perlu perhatikan pada saat melamar kerja, khususnya bagi teman-teman yang fresh graduate. Recruiter akan mencari informasi teman-teman lewat media sosial juga. Recruiter akan menilai teman-teman berdasarkan dari apa yang dilihat di media sosial. Jadi, usahakan content yang terdapat didalam media sosial teman-teman adalah content content yang positif, seperti content kegiatan teman-teman yang berkaitan dengan olahraga, karya, portofolio, prestasi ataupun kegiatan-kegiatan yang positif.

 

7. Latihan interview

Latihan interview menjadi hal yang perlu teman-teman lakukan. Latihan yang dimaksud bukan hanya membaca tentang pertanyaan-pertanyaan yang mungkin ditanyakan recruiter, tetapi juga mencoba mempraktikkannya. Dengan sering berlatih dapat meningkatkan kepercayaan diri dan teman-teman dapat mengevaluasi hal-hal apa saja yang masih perlu ditingkatkan. Dengan begitu, pada saat hari-H, teman-teman benar-benar sudah siap menghadapi interview kerja.

 

8. Membangun rasa percaya diri

Pada umumnya, fresh graduate cenderung minim percaya diri karena minim akan pengalaman didunia kerja. Akan tetapi, teman-teman harus tetap semangat dan berusaha membangun rasa percaya diri. caranya, dengan memaksimalkan persiapan sebaik mungkin, selalu berlatih, membuat CV dengan baik, menyusun dokumen sesuai yang di persyaratkan dan memaksimalkan penampilan.

 

9. Follow up lamaran kerja

Setelah teman-teman melamar atau interview kerja, beranikan diri untuk menanyakan kembali kepada recruiter terkait proses recruitment teman-teman. Dalam hal ini, baiknya teman-teman menanyakan kembali melalui email dengan pertanyaan yang spesifik dan detail namun tidak berlebihan.

 

Nah teman-teman, berikut 9 Tips yang teman-teman bisa praktikan. Semoga proses melamar kerja teman-teman sebagai fresh graduate bisa berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan. Jangan lupa dicatat dan dipraktikkan ya. Semangat !!!

 

Sumber : https://glints.com/id/lowongan/melamar-kerja-fresh-graduate/#.Y3R_nXZBxD8

Sumber Foto : https://glints.com/id/lowongan/melamar-kerja-fresh-graduate/#.Y32eAXZBxD8