Blog Details

Image
  • Admin
  • 11/11/2022

9 Tips Memilih Pakaian Interview Kerja Yang Baik Dan Disukai HRD !

Pakaian dapat menunjukan profesionalitas dan memberikan kesan pertama yang baik. Selain itu, pakaian juga menjadi salah satu faktor penilaian pada saat interview loh. Oleh karena itu, tidak hanya mempelajari pertanyaan yang nantinya akan diajukan interviewer, namun juga teman-teman perlu mempersiapkan pakaian untuk wawancara. Nah, kali ini Mutualplus mau memberikan tips & trick dalam memilih pakaian interview kerja yang baik dan disukai HRD, berikut tips nya:

1. Hindari celana berbahan denim Wawancara kerja merupakan suasana formal, oleh karena itu usahakan mengenakan pakaian yang sesuai. Hindari mengenakan celana berbahan denim atau jeans yang terlalu santai. Celana jeans dapat mengurangi kesan formal, meskipun teman-teman melamar ke industri hiburan atau kreatif, hindari menggunakan celana jeans yaa.

2. Gunakan kemeja Kemeja merupakan pakaian yang paling aman untuk dikenakan pada saat wawancara kerja. Selain simple, kemeja juga akan menunjukan kesan rapi dan profesional. Teman-teman bisa mengenakan kemeja yang berbahan katun, sutra atau flannel. Hindari memilih bahan yang mudah berkeringat agar teman-teman terlihat selalu fresh, dan jangan lupa disetrika terlebih dahulu kemejanya yaa agar terlihat rapih.

3. Perhatikan warna dan motif pakaian Warna dan motif pakaian menjadi hal yang perlu teman-teman perhatikan. Seperti yang kita ketahui, motif kemeja atau blouse sangat beragam. Ada motif totol-totol, belang-belang dan polkadot. Untuk wawancara kerja, teman-teman dapat menggunakan kemeja dengan warna polos atau motif sederhana seperti garis-garis. Hindarilah menggunakan kemeja dengan motif dan warna mencolok atau meriah.

4. Gunakan sepatu yang menutup seluruh kaki Sepatu juga engga kalah penting juga loh teman-teman, karena HRD akan melihat penampilan teman-teman dari atas sampai bawah. Oleh karena itu, pakailah sepatu yang menutup seluruh bagian kaki. Untuk pria bisa menggunakan sepatu pantofel atau sejenisnya. Wanita bisa menggunakan flat shoes, pump shoes atau sepatu yang memiliki hak atau heel.

5. Kenakan jas atau blazer Untuk menambah kesan formal yang semakin terlihat, teman-teman bisa mengenakan jas atau blazer. Namun, dalam hal ini tidak diharuskan untuk beberapa perusahaan. Apabila ingin menambah kesan formal diperbolehkan meggunakan jas atau blazer, namun pastikan teman-teman dapat memilih warna yang cocok dengan inner-nya. Gunakan warna netral atau gelap, semisalnya hitam, abu-abu atau navy.

6. Hindari menggunakan aksesoris yang berlebihan Aksesoris memang dapat melengkapi dan memperindah penampilan teman-teman. Tapi, hindari pemakaian aksesoris yang berlebihan, terutama aksesoris yang besar, mencolok dan mengganggu.

7. Perhatikan tatanan rambut dan riasan wajah. Rambut adalah salah satu hal yang engga kalah penting loh teman-teman. Pastikan rambut teman-teman tertata rapih. Untuk pria, bisa menggunakan gel rambut atau pomade agar rambut rapi tahan lama. Untuk wanita, tidak ada salahnya mencatok rambut agar terlihat lebih rapih. Begitupun wajah, pastikan wajah teman-teman bersih dan terlihat fresh. Hal tersebut bisa dilakukan dengan mencuci wajah sebelum interview dan untuk wanita bisa menggunakan riasan wajah atau make up. Tapi ingat, pastikan tidak berlebihan.

8. Gunakan pakaian yang nyaman Selain menentukan outfit yang dapat memberikan kesan baik bagi interviewer, namun tetap utamakan kenyamanan yaa teman-teman. Pilih atasan dan celana yang nyaman dipakai. Sesuaikan juga dengan cuaca.

9. Pilih dan kenakan parfum yang tidak terlalu menyengat Bukan hanya tampil rapi, tentu nya juga teman-teman perlu tampil wangi. Untuk itu, gunakan parfum yang wanginya fresh namun tidak terlalu menyengat.

Sumber : https://blog.skillacademy.com/pakaian-interview-kerja