Tips & Karir Details

Image

Biar Gak Ngeluh Terus, Yuk Terapin Strategi Target Penjualan Ini!

Terkadang, sebagai seorang sales mencapai target penjualan terasa sulit, apalagi jika targetnya terus meningkat setiap bulan. Apakah kamu merasa bosan dengan rutinitas penjualan yang monoton dan target yang semakin sulit dicapai? Tenang, kamu tidak sendirian! Banyak profesional penjualan lainnya menghadapi tantangan serupa. Bayangkan jika ada cara untuk mengubah situasi ini dan bahkan melampaui target penjualanmu dengan percaya diri. Dalam bisnis penjualan, mencapai target bukan hanya tentang bekerja lebih keras, tetapi juga bekerja lebih cerdas. Menurut Swastha  (1999), menjelaskan bahwa  penentuan  target  penjualan  didasarkan pada  analisis  berbagai  strategi  pemasaran  yang menguntungkan. Artikel ini akan membahas berbagai strategi efektif untuk mencapai target penjualanmu. Ingin penjualanmu naik ke level baru? Yuk, simak artikel berikut!

1. Melakukan riset pasar

Melakukan riset pasar adalah langkah pertama yang penting untuk membantu kamu dalam merancang strategi pemasaran yang lebih efektif untuk mencapai target penjualan. Riset ini membantu kamu memahami pasar secara mendalam, termasuk karakteristik konsumen. Memiliki riset pasar yang baik, kamu bisa mengidentifikasi peluang pasar dan memahami kebutuhan konsumen yang diinginkan agar kamu dapat menawarkan solusi yang tepat. Misalnya, dengan melakukan survey online yaitu menyebarkan kuesioner secara online maupun offline melalui komunitas dan sesuai dengan responden yang kamu inginkan. Salah satu platform yang bisa kamu gunakan adalah Veycat (Survey Center).

2. Menerapkan metode SMART

Metode ini adalah salah satu strategi pemasaran untuk mencapai target penjualan. SMART adalah anagram dari Specific, Measurable, Achievable, Relevant dan Time-bound.

  • Specific (Spesifik): Tentukan target yang jelas dan rinci. Misalnya, meningkatkan penjualan sebesar 15% dalam enam bulan.

  • Measurable (Terukur): Pastikan target dapat diukur secara akurat dan penyesuaian strategi yang cepat sesuai kebutuhan. Misalnya, jumlah unit yang terjual atau target jumlah pelanggan baru.

  • Achievable (Dapat dicapai): Tetapkan target yang realistis dan dapat dicapai berdasarkan kemampuan tim dan sumber daya yang ada. Misalnya, tidak realistis untuk meningkatkan penjualan 100% dalam waktu singkat tanpa strategi yang tepat.

  • Relevant (Relevan): Tujuan harus relevan dengan strategi pemasaran dan tujuan bisnis secara keseluruhan. Misalnya, tujuan penjualan harus mendukung pencapaian tujuan bisnis jangka panjang perusahaan.

  • Time-bound (Batas waktu): Tetapkan jangka waktu yang jelas untuk mencapai target, misalnya bulanan, triwulanan, atau tahunan.

Dengan menerapkan metode SMART, maka akan mempermudah strategi mencapai target penjualan kamu.

3. Meningkatkan relasi

Membangun hubungan yang baik dengan pelanggan merupakah salah satu kunci sukses dalam mencapai target penjualan. Dengan memperhatikan kebutuhan dan keinginan pelanggan, kamu bisa memberikan pelayanan terbaik dan membuat mereka lebih cenderung untuk membeli produk atau layanan kamu di masa depan. Hubungan yang kuat juga dapat menciptakan pelanggan yang setia, meningkatkan retensi pelanggan, dan membuka peluang untuk mendapatkan pelanggan baru melalui jaringan pelanggan yang ada. Misalnya, membangun hubungan yang lebih personal dengan pelanggan kamu. Kenali mereka dengan nama, ingat preferensi mereka, dan tunjukkan minat pada kehidupan mereka di luar bisnis.

4. Memanfaatkan teknologi dan promosi unik

Sales yang berhasil harus mampu menggabungkan teknologi ke dalam strategi penjualan mereka. Teknologi seperti media sosial atau situs web dapat mendukung dalam mengembangkan brand, meningkatkan visibilitas produk atau layanan, serta memperluas jaringan pelanggan yang membantu mencapai target penjualan. Selain itu, aktif melakukan inovasi dan promosi yang unik juga merupakan salah satu strategi mencapai target penjualan karena membuat bisnis terlihat fresh di mata konsumen. Hal ini dapat membuat mereka lebih tertarik pada bisnis tersebut. Misalnya, membuat paket produk bundling yang menarik dengan harga spesial. Ini dapat mendorong pembelian produk tambahan dan meningkatkan nilai transaksi.

5. Tetap semangat belajar

Last just as vital, yang kamu harus lakukan yaitu dengan semangat dan keinginan untuk terus belajar. Sebagai sales, mencapai target penjualan adalah hal yang tidak mudah sehingga kamu harus terus belajar memahami produk atau layanan yang kamu jual dengan mengenali keunggulan, manfaat, dan kekurangan produk atau layanan secara menyeluruh. Carilah juga berbagai sumber yang bisa dijadikan sebagai wadah untuk menyerap ilmu. Bisa dari media sosial, buku, program pelatihan, atau grup diskusi.

Selalu ingat, dalam proses penjualan ada saat-saat di mana kamu akan menghadapi hambatan yang sulit. Namun, ketika kamu mendapatkan jalan keluarnya dengan memiliki rencana penjualan yang solid dan rinci, mitra yang berdedikasi, dan kemauan untuk belajar, kamu akan meraih hasil yang luar biasa. Good luck!

Sumber:

Basu  Swastha  dan  Irawan. (1999).  Manajemen Pemasaran Modern. Edisi 2. Yogyakarta : Liberty

5 Strategi Mencapai Target Penjualan Bikin Bisnis Laris! (amartha.com)

Metode SMART, Membantu Anda Menetapkan Target dan Tujuan - (jojonomic.com)

Sales Targeting: Benefits and How To Create a Strategy | Indeed.com

10 Rekomendasi Platform Riset Pasar untuk Meningkatkan Performa Bisnis | DailySocial.id