Tips & Karir Details

Image

TIPS EFEKTIF MELAMAR KERJA VIA WHATSAPP!

WhatsApp seperti yang kita ketahui sebagai salah satu media sosial yang cukup populer untuk digunakan sebagai media mengirim lamaran kerja. Melamar kerja jauh lebih mudah dan cepat melalui WhatsApp, namun recruiter sering kali menolak surat lamaran kerja yang dikirim melalui WhatsApp karena kurang sopan dan tidak menarik perhatian mereka. Penting bagi kamu, terutama bagi fresh graduate, untuk menggunakan bahasa komunikasi yang sopan dan santun, serta mengirimkan surat lamaran kerja melalui WhatsApp pada jam kerja perusahaan yang tepat. Lalu apa saja tips melamar kerja melalui WhatsApp yang perlu kamu ketahui? Simak di artikel berikut.

1. Persiapkan dokumen untuk melamar pekerjaan

Bagian yang penting dalam proses melamar kerja melalui WhatsApp adalah menyiapkan beberapa dokumen yang diperlukan. Hal ini diperlukan oleh perusahaan sebagai bagian dari proses seleksi untuk memasuki dunia kerja. Berikut beberapa dokumen yang wajib disertakan saat melamar kerja:

  • Surat lamaran kerja
  • Curriculum Vitae (CV)
  • Foto berwarna ukuran 4x6cm/Foto full badan
  • KTP dan KK
  • Ijazah/SKL
  • Transkip nilai
  • SKCK (Aktif)
  • Surat domisili (bagi pendatang)
  • Beberapa dokumen pendukung seperti paklaring, sertifikat/piagam pengharagaan dan sertifikat vaksin.

Selain itu, perhatikan format dokumen yang diminta untuk melamar kerja. Dokumen tersebut dikirim dalam format PDF/DOC dan digabungkan menjadi satu.

2. Kirim lamaran kerja melalui WhatsApp pada waktu yang tepat

Langkah berikutnya dalam melamar kerja melalui WhatsApp adalah mengirimkan dokumen dan teks pengantar pada waktu yang tepat, Mutual+ menyarankan yaitu saat jam kerja pukul 08:00-17:00 WIB. Sebelum mengirim dokumen dan teks pengantar, ada dua hal yang perlu diperhatikan:

  • Jika batas waktu pengiriman lamaran sudah ditetapkan dalam deskripsi lowongan kerja, kamu dapat segera mengirim dokumen dan teks pengantar untuk melamar
  • Jika informasi tentang batas waktu pengiriman lamaran tidak tersedia dalam deskripsi lowongan kerja, kamu dapat menanyakan terlebih dahulu apakah posisi yang tersedia masih dibutuhkan dan pastikan untuk menggunakan bahasa yang sopan saat bertanya. Jika posisi masih dibutuhkan, kamu segera menyiapkan beberapa dokumen yang dibutuhkan untuk melamar pekerjaan. Namun, jika posisi tersebut sudah terisi, kamu dapat mencari lowongan pekerjaan lain dan tidak perlu melanjutkan prosesnya.

3. Menggunakan bahasa yang resmi (formal)

Meskipun WhatsApp umumnya digunakan untuk komunikasi pribadi, tetaplah menjaga etika komunikasi yang sesuai. Ketika menghubungi recuriter disarankan untuk menggunakan gaya bahasa yang lebih formal dan berdasarkan pada PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia), sebaiknya hindari gaya bahasa yang terlalu santai seperti yang biasa digunakan saat mengobrol di WhatsApp. Berikut beberapa hal etika yang harus diperhatikan ketika menghubungi recruiter:

  • Ucapkan salam pembuka
  • Sebutkan sumber informasi lowongan pekerjaan
  • Sebutkan posisi yang dilamar
  • Melampirkan persyaratan yang dibutuhkan
  • Ucapkan salam penutup dan terima kasih
  • Sesuaikan pesan apabila perusahaan menggunakan formulir pendaftaran.

4. Menggunakan foto profil WhatsApp yang profesional

Saat melamar kerja melalui WhatsApp, penting untuk menggunakan foto profil yang profesional. Berikut beberapa tips yang dapat kamu ikuti:

  • Pilihlah foto yang baik dan profesional dengan wajah yang jelas tanpa efek atau filter yang berlebihan
  • Hindari latar belakang yang mengganggu atau membingungkan
  • Pastikan pencahayaan dalam foto baik, tidak terlalu gelap atau terlalu terang
  • Perhatikan ukuran foto yang sesuai
  • Jangan gunakan foto yang sama dengan yang digunakan di media sosial, karena foto di media sosial mungkin tidak cocok untuk situasi profesional.

Dengan menerapkan tips di atas, kamu dapat memilih foto profil yang menampilkan profesionalisme saat melamar kerja melalui WhatsApp. Ingatlah bahwa foto profil yang tepat dapat menciptakan kesan positif kepada recruiter.

5. Hindari SPAM untuk menanyakan status lamaran

Walaupun metode melamar pekerjaan via WhatsApp sangat efektif, persaingannya juga sangat ketat. Kemungkinan besar pesan kamu akan bersaing dengan pesan dari pelamar lainnya. Bersabarlah menunggu respons dari pihak recruiter setelah mengirimkan lamaran. Hindari SPAM dan pesan yang tidak sopan. Jika setelah satu minggu belum ada respons, kamu dapat bertanya kepada recruiter dengan sopan. Lebih baik tidak hanya mengandalkan satu lamaran, tetap aktif mencari lowongan pekerjaan lainnya. Semakin aktif kamu melamar, semakin besar peluang kamu untuk segera mendapatkan pekerjaan. Semoga sukses!

Sumber:

Cara Melamar Kerja Lewat WA Beserta Contoh Chat (tipkerja.com)