Tips & Karir Details

Image

Gimana Caranya Meningkatkan Komunikasi Yang Efektif?

Komunikasi yang efektif adalah kunci keberhasilan dalam banyak aspek kehidupan, termasuk di tempat kerja. Namun, tidak semua orang memiliki kemampuan alami untuk berkomunikasi secara efektif. Dilansir staffany.id, komunikasi adalah proses berbagi informasi, pemikiran dan perasaan antara orang-orang melalui pembicaraan (speaking), tulisan (writing) atau bahasa tubuh (body languange). Komunikasi dianggap efektif ketika pesan, baik verbal dan non-verbal, yang disampaikan oleh pengirim diterima dengan jelas dan benar oleh penerima, tanpa terjadi kekeliruan atau interpretasi yang salah. Untungnya, komunikasi adalah keterampilan yang dapat dipelajari dan ditingkatkan. Berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan komunikasi kamu lebih efektif di tempat kerja:

1. Melatih diri menjadi pendengar yang baik

Salah satu kunci utama dari komunikasi yang efektif adalah mendengarkan dengan baik. Komunikator yang efektif selalu menjadi pendengar yang baik. Mendengarkan dengan penuh perhatian berarti terlibat dengan apa yang disampaikan orang lain dengan memberikan respons positif dan jika kamu tidak mengerti atau perlu klarifikasi, jangan ragu untuk bertanya. Bertanya dapat membantu memperjelas informasi dan menunjukkan bahwa kamu peduli dengan pembicaraan.

2. Perhatikan komunikasi non-verbal

Menguasai isyarat dan sinyal non verbal dapat membantu mencegah kesalahpahaman dan menunjukkan perhatian kepada orang di sekitar kamu. Perhatikan ekspresi wajah dan gerakan tubuh kamu saat berbicara dengan seseorang di lingkungan kerja. Isyarat non verbal kamu mempengaruhi kesan pertama yang kamu buat pada seseorang. Jangan lupa menjaga kontak mata karena merupakan salah satu cara yang efektif juga untuk menunjukkan bahwa kamu memperhatikan pembicara dan bahwa kamu terlibat dalam percakapan.

3. Gunakan bahasa yang jelas dan tegas

Hindari penggunaan bahasa yang ambigu atau rumit. Gunakan bahasa yang sederhana dan langsung untuk menyampaikan ide atau informasi dengan jelas. Misalnya, daripada mengatakan "segera," lebih baik memberikan waktu yang spesifik seperti "selesaikan ini sebelum jam 3 sore”. Kemudian, menggunakan intonasi yang tegas bukan berarti harus kasar atau memerintah. Gunakan intonasi yang sopan namun tegas untuk menyampaikan pesan. Ini membantu menjaga hubungan yang baik dengan rekan kerja sambil memastikan bahwa pesan disampaikan dengan jelas.

4. Mengontrol emosi dan mood

Mengontrol emosi dan mood adalah langkah penting dalam membangun hubungan yang sehat dan efektif dengan orang lain. Dilansir dari skillacademy.com, ketika kamu memaksa berbincang-bincang dengan seseorang dalam keadaan emosi yang kurang baik, maka ada kemungkinan kamu menciptakan sesuatu yang buruk. Mulai dari respon yang judes, memotong tiap pembicaraan, bahkan bisa menciptakan konflik. Untuk melatih diri dalam mengendalikan emosi, kamu bisa mengambil napas dalam-dalam dan menenangkan diri sebelum berinteraksi dengan orang lain. Dengan cara ini, kamu dapat menunda perasaanmu sejenak dan lebih fokus pada percakapan yang sedang berlangsung. Selain itu, kamu juga dapat menciptakan suasana percakapan yang lebih nyaman dan menyenangkan.

5. Bersikap empati

Bersikap empati mendorong komunikasi dua arah. Cobalah untuk melihat situasi dari sudut pandang orang lain. Ketika orang merasa didengar, mereka lebih mungkin untuk berbicara dengan jujur dan terbuka. Bersikap empati akan membantu kamu memahami perasaan dan perspektif orang lain, yang pada gilirannya dapat meningkatkan komunikasi kamu juga. Ini menciptakan dialog yang lebih produktif dan informatif, memungkinkan penyelesaian masalah yang lebih efektif.

6. Meminta umpan balik

Meminta umpan balik memungkinkan kamu untuk mengetahui kelemahan dan kekuatan dalam keterampilan komunikasi kamu. Dilansir dari masterclass.com, tidak ada salahnya meminta umpan balik yang jujur tentang keterampilan komunikasi kamu dari rekan kerja. Meminta nasihat dari rekan kerja tentang cara meningkatkan keterampilan komunikasi kamu dapat membantu kamu lebih memahami bagaimana tampil dalam lingkungan kerja. Ini membantu kamu fokus pada hal-hal yang perlu diperbaiki sekaligus mempertahankan aspek yang sudah baik.

7. Berlatih berbicara di depan umum

Berbicara di depan umum mungkin terdengar menakutkan, tetapi tidak ada cara yang lebih baik untuk mengembangkan keterampilan komunikasi yang baik selain dengan mencari kesempatan berbicara di depan umum. Komunikator yang hebat mampu mengartikulasikan perasaan mereka dengan jelas, baik ketika berbicara di depan kelompok besar maupun berbicara tatap muka dengan satu orang. Berbicara secara rutin di depan kelompok akan memperlihatkan kekuatan dan kelemahan kamu serta memaksa kamu untuk membangun kebiasaan komunikasi yang baik.

Sekarang saatnya kamu untuk mengubah cara berkomunikasi dengan menerapkan beberapa hal di atas. Dengan melakukan hal ini, akan membantu kamu dalam membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja, memperbaiki kualitas kerja tim, mencapai tujuan bersama maupun dalam kehidupan pribadi.

Sumber:

Effective Communication: 6 Ways to Improve Communication Skills - 2024 - MasterClass

Pelajari 5 Cara Meningkatkan Skill Komunikasi Efektif - StaffAny

Komunikasi yang Efektif: Ciri, Tujuan, dan Teknik Melakukannya - Blog Arkademi

8 Cara Melatih dan Meningkatkan Skill Komunikasi - Blog Pengembangan Skill & Potensi Diri untuk Masa Depan Karirmu (skillacademy.com)